KELOLA
Vol 6, No 2 (2019): December

KUALITAS PELAYANAN PRODUK KREDIT MELATI BPR BANK SOLO TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN BANKING SERVICE QUALITY UMKM DI KOTA SOLO

Natalia Mentari Subroto (STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta)
Muhammad Khoiruman (STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2020

Abstract

Kredit Melati merupakan pelayanan perbankan Pemerintah Kota Surakarta yang dikelola BPR Bank Solo untuk mengurangi jumlah rentenir. Sri Sumardiningsih, (2012) menyatakan bahwa Banking Service Quality dapat mengurangi jumlah rentenir di wilayah DIY. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dengan Banking Service Quality sebagai variabel independen. Bahia dan Nintel (2000) menyatakan bahwa keefektifan dan jaminan, akses, keterwujudan, dimensi harga, portofolio jasa, serta kehandalan merupakan hakekat dari Banking Service Quality. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Secara purposive 100 nasabah kredit melati Pasar Jongke, Pasar Kadipolo dan Pasar Singosaren ditetapkan sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui Kuesioner selanjutnya dianalisis dengan Uji linier berganda, Uji t, Uji F, dan Uji R2  . Hasil Uji linier berganda, uji t maupun uji F secara parsial menunjukkan semua variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Sementara itu variabel portofolio jasa merupakan variabel yang paling dominan.  Dari hasil uji R2 diperoleh angka  0,919 artinya 91,9% kepuasan nasabah Kredit Melati dipengaruhi oleh semua variabel dalam penelitian sisanya 8,1% dijelaskan oleh variabel lain diluar model penelitian. Hasil penelitian bermanfaat sebagai referensi bagi institusi dan peneliti. Untuk itu BPR Bank Solo perlu mempertahankan layanan berbasis portofolio jasa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

kelola

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Berkala Ilmiah (KELOLA) Program Studi S1 Manajemen diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi "AUB" STIE-AUB Surakarta, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah antara staf pengajar, alumni, mahasiswa, dan ...