Prosiding Universitas PGRI Palembang
PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 5

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DI SMA NEGERI 4 PALEMBANG

Nendri Nendri (Unknown)
Lusiana Lusiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2016

Abstract

AbstrakTujuan penyajian makalah ini untuk menyampaikan ataupun menyebar luaskan  hasil penelitian  yang telah kami lakukan di SMA Negeri 4 Palembang pada tahun 2015. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui   ada atau tidak pengaruh  Model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMA Negeri 4 Palembang. Metode yang digunakan eksperimen model posttest only control. Populasi seluruh siswa kelas XI, dengan  sampel dua kelas ,yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen sebanyak 39 siswa dan kelas XI IPA 4 sebanyak 39 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t (independent samples t test). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan, maka disimpulkan bahwa: Ada pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis di SMA Negeri 4 Palembang. Kata Kunci:  Model Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis 

Copyrights © 0000