AbstrakAlasan peneliti mengambil tema penelitian ini karena hasil penelitian terdahulu belum banyak mengungkap kekayaan nilai karakter rumah limas dan pemanfaatan nilai karakter sebagai materi pengayaan sejarah kebudayaan Indonesia. Rumusan masalah: nilai karakter apa yang dimiliki rumah adat limas yang dapat dijadikan sebagai pengayaan karakter dalam pembelajaran sejarah? Tujuan Penelitian: mengetahui nilai karakter rumah adat limas yang dapat dijadikan sebagai pengayaan karakter dalam pembelajaran sejarah. ManfaatPenelitian, Manfaat Teoritis: Penelitian ini memberikan satu kajian ilmiah tentang karakter rumah limas Palembang sebagai pengayaan karakter dalam pembelajaran sejarah. Manfaat Praktis: Mengangkat ke permukaan nilai karakterrumah limas Palembang sebagai pengayaan karakter dalam pembelajaran sejarah. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data: a) Informan; b) dokumen; c) tempat. Teknik pengumpulan data: a) wawancara mendalam; b) kajian dokumen; c) observasi langsung. Teknik cuplikan: internal sampling. Validitas data: adalah teknik triangulasi data, dan triangulasi metode.Teknik analisis: analisis model interaktif. Kesimpulan: 1) rumah limas memiliki kekayaan nilai sejarah dan budaya dari lapisan kebudayaan Austronesia, Sinic, Indic, Arab dan Eropa; 2) nilai budaya rumah limas dari lapisan kebudayaan Austronesia, Sinic, Indic, Arab dan Eropa dapat dijadikan sumber karakter dalam pembelajaran sejarah; 3) Nilai karakter rumah limas: karakter toleransi budaya,karakter menghargai karya seni/keindahan, karakter mencintai sejarah dan budaya lokal, karakter relegius. Saran: 1) pembelajaran sejarah hendaknya mengangkat materi dan karakter kelokalan; 2) Nilai budaya rumah limas diangkatkepermukaan dalam upaya pelestarian rumah limas.Kata Kunci: rumah limas, karakter, pembelajaran sejarah. Sejarah kebudayaan Indonesia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 0000