Prosiding Universitas PGRI Palembang
PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 17

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PMRI PADA MATERI SEGIEMPAT UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Yeli Arista (Unknown)
Lusiana Lusiana (Unknown)
Marhamah Marhamah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2018

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS materisegiempat yang valid dan praktis menggunakan pendekatan PMRI.Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan(development research). Model pengembangan yang digunakandiadaptasi dari model pengembangan menurut Sugiyono yangterdiri dari 7 tahap. Tahapan tersebut meliputi: potensi danmasalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisidesain, ujicoba produk, revisi produk. Karena keterbatasan waktu,tenaga, dan biaya, maka hasil akhir yang berupa LKSpembelajaran yang valid dan praktis dengan tahap revisi yang telahdilakukan sebanyak dua kali. LKS pembelajaran telah divalidasioleh 2 dosen pendidikan matematika dan 1 guru matematika. Hasilvalidasi menunjukkan rata-rata sebesar 88,7% dan masuk kedalamkriteria validasi yaitu valid. Kemudian LKS diujicobakan terbatasdan diperoleh angket respon siswa dengan skor total 77%,sehingga respon siswa terhadap LKS pembelajaran praktis danmudah digunakan oleh siswa. Dari hasil penelitian dapatdisimpulkan bahwa LKS yang dikembangakan valid dan praktis,sehingga bahan ajar berbasis PMRI pada materi segiempat KD.6.2untuk siswa SMP kelas VII siap di ujicobakan ke skala besar

Copyrights © 0000