Prosiding Universitas PGRI Palembang
PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 12

Gambaran Peranan Guru Profesional dalam Menghantar Generasi Berbudaya Lingkungan di Smp Negeri 54 Palembang Menujuh Indonesia Emas 2045

Helfa Septinar (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2017

Abstract

AbstrakMetode penelitian menggunakan studi literatur dengan pengumpulan datasecara abservasi dan dokumentasi. Hasil pembahasan gambaran peran guruprofessional adalah menjalankan tugasnya secara baik dan mengintergrasikannilai-nilai positif kepada siswanya. Generasi berbudaya lingkungan melalupendidikan yang mengembangan fisik, daya jiwa (akal, rasa dan kehendak),social, moralitas manusia serta menjaga diri, memelihara nilai-nilai positif. Danmempunyai keterampilan dari generasi ke generasi serta melakukanpenyelamatan dan pelestarian lingkungan hidup dengan mengembangkan sikap,perilaku, kemampuan sosial dan individu yang mencintai lingkungan danpembangunan berkelanjutan. Sesuai denggan tujuan Indonesia emas menginjakusia 100 tahun pada 2045, usia keemasan nan gemilang. Simpulan daripenelitianan ini peranannya guru professional wajib memiliki kualifikasi akademik,kompetensi, sertifikasi pendidik dan mampu mewujudkan tujuan pendidikannasional menciptanya sikap peduli dan berbudaya lingkungan bagi generasipenerus sebagai pendukung, perlindungan, pengelolaan lingkungan hidupmenuju pembangunan berkelanjutan sebagaimana tujuan Indonesia emas2045.Kata Kunci: Guru profesional, generasi berbudaya lingkungan, Indonesia emas

Copyrights © 0000