Saraswati
Jurnal Ilmiah Mahasiswa S1 FSMR

“Smoking Ethics” Perancangan Video Iklan Layanan Masyarakat Dramatisasi Sebagai Pesan

GIBRAN PRATHISARA (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2014

Abstract

Jumlah perokok aktif yang semakin meningkat mengakibatkan timbulnyamasalah sosial baru yaitu tergesernya hak-hak orang yang tidak merokokuntuk mendapatkan udara bersih yang bebas dari asap rokok yang secaralangsung menjadi perokok pasif. Tidak adanya aturan tegas dari pemerintahmengenai aturan ruang dan tempat yang bebas asap rokok membuat paraperokok aktif merasa bebas merokok dimana saja. Masih ada hak-hak yangharus dihormati dari orang yang tidak merokok, untuk itu diperlukan sebuahkesadaran untuk merubah itu semua. Iklan layanan masyarakat adalah iklandengan tujuan non komersial yang mengkritisi, menyindir, atau mengajakuntuk melakukan hal yang bersifat positif dari masalah-masalah sosial. Sebuahiklan layanan masyarakat yang bersifat mengajak akan lebih mudah diterimamasyarakat dengan memberikan paparan fenomena sosial di sekitar tanpaterkesan menggurui. Dramatisasi adalah merekayasa peristiwa yang biasamenjadi lebih dari biasa seakan tidak sesuai dengan kenyataan akan tetapipesan yang terkandung bukan sebuah kebohongan. Visualisasi dramatisasipada adegan membuat penonton akan melihat pesan secara lebih mendalamdan lebih mudah dipahami tanpa ada kesan menggurui. Dengan menggunakanpendekatan dramatisasi sebagai penyampai pesan, video iklan layananmasyarakat Smoking Ethics akan menyampaikan sebuah pesan secara lebihhalus.Kata kunci: Perokok aktif, Perokok Pasif, Iklan, Dramatisasi

Copyrights © 0000