Sosioinforma
Vol 16 No 2 (2011): INFORMASI : Permasalahan dan Usaha Kesejahteraan Sosial

DAMPAK SOSIAL BUDAYA TAYANGAN IKLAN KOSMETIKA PADA MEDIA TELEVISI YANG BIAS GENDER

Yanuar Farida Wismayanti (Puslitbangkessos Kementerian Sosial RI)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2011

Abstract

Televisi adalah salah satu media publik yang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Namun demikian, hal ini juga membawa dampak dalam kehidupan manusia, dimana media informasi ini menyebar dalam seluruh aspek kehidupan manusia. Beberapa tayangan telivisi, melalui iklannya menyajikan beberapa informasi yang berkiatan dengan berita tertentu, pendidikan maupun tayangan yang bersigat hiburan. Televisi mempunyai kelebihan untuk menyajikan siaran secara langsung (live broadcasting) yang dapat mencapai pemirsanya ke seluruh pelosok negeri, bahkan televisi dapat memungkinkan terjadinya diskusi secara langsung, serta mempengaruhi kehidupan sosial dan budaya termasuk segala sesuatu yang berhubungan dengan komersialisasi, budaya konsumtif, kemewahan serta pujian atas kecantikan, kemewahan karena daya tarik iklan yang ditawarkan kepada pemirsa. Untuk itu kita harus mempunyai startegi yang tepat untuk mengurangi dampak negatif dari aspek sosial budaya yang mempengaruhi masyarakat.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

Sosioinforma

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Sosio Informa merupakan nama baru dari Majalah Informasi Permasalahan dan Usaha Kesejahteraan Sosial. Majalah Sosio Informa menyajikan tulisan hasil kajian literatur dan kajian pemikiran kritis mengenai pembangunan kesejahteraan sosial. Sosio Informa merupakan media publikasi Pusat Penelitian dan ...