Problematika ummat Islam dewasa ini adalah jarangnya berinteraksi dengan Al-Qur’an baik mempelajarinya maupun mengambil i’tibar di dalammnya terutama berkaitan dengan cara mendidik. Dalam Al-Qur’an akan ditemukan berbagai cara, proses, teknik, strategi ataupun metode yang sangat efektif untuk diterapkan dalam dunia pendidikan, sehingga akan menghasilkan generasi qur’ani. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui berbagai metode mendidik berdasarkan Al-Qur’an serta mengimplementasikannya dalam dunia pendidikan khususnya bagi guru era milenial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode literatur Al-Qur’an. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kajian pustaka, analisis ayat-ayat al-qur’an. Dan hasil yang diperoleh merupakan hasil kata-kata, gambaran dan bukan berupa angka-angka. Laporan penelitian tersebut berupa kutipan-kutipan data yang memberi gambaran penyajian. Temuan dalam penelitian adalah dalam Al-Quran terdapat beberapa metode dalam mengajar dan mendidik yang sangat efektif dan efesian untuk diterapkan oleh pendidik era milenial, metode tersebut telah terbukti keampuhannya di dunia pendidikan, yaitu melalui metode Bilhikmah, Al-Mau’izah Hasanah, Al-Jadil Dan Al-Layyinah sebagaimana digambarkan dalam Al-Qur’an surat An-nahl ayat 125. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa jarangnya para pendidik, orang tua mengetahui dan mengimplementasikan metode mendidik sebagaimana terdapat dalam Al-Qur’an sehingga menghasilkan generasi yang jauh dari Al-Qur’an.
Copyrights © 2019