Psiko-Edukasi
Vol 15, No 2 (2017): Psiko Edukasi

IMPLEMENTASI KONSELING MODEL RATIONAL EMOTIVE BEHAVIORAL THERAPY (REBT) PADA KASUS PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK DUA REMAJA PUTERI PANTI ASUHAN DORKAS JAKARTA PUSAT

Triandini Triandini (Guru BK Santa Ursula BSD)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2020

Abstract

Perilaku prokrastinasi adalah kecenderungan menunda untuk memulai mengerjakan tugas dengan melakukan kegiatan lain yang tidak berguna, sehingga tugas tidak selesai tepat pada waktunya dan berdampak negatif bagi pelakunya. Model konseling Rational Emotive Behavioral Therapy  (REBT) bertujuan untuk mengubah pemikiran irasional menjadi rasional sehingga perilaku dapat berubah menjadi lebih baik. Subjek penelitian sebanyak dua siswi Panti Asuhan Dorkas yaitu subjek MA dan SK. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pada subjek MA terjadi perubahan pola pikir, perasaan, dan perilaku sehingga MA lebih giat untuk mengerjakan tugas. Pada subjek SK terjadi perubahan pola pikir dan perubahan perasaan negatif menjadi lebih positif tetapi pada SK masih perlu tindak lanjut agar perubahan perilaku prokrastinasi dapat menetap.

Copyrights © 2017