Psiko-Edukasi
Vol 10, No 1 (2012): Psiko Edukasi

Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Sampah dan Pemanasan Global

Pricilla Anindyta (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2012

Abstract

Standar Kompetensi Guru Kelas SD (SKGK), menyatakan bahwa salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan bidang studi yang mendukung pembelajaran di SD. Pada bidang studi IPA, sebagai calon guru SD, mahasiswa harus mampu memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah. Berdasarkan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung, nampak bahwa mahasiswa belum terbiasa untuk memecahkan masalah secara ilmiah. Oleh karena itu, diperlukan kegiatan pengembangan strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based leaning) agar dosen dapat menerapkan strategi pembelajaran ini dengan benar dan tepat sehingga keterampilan mahasiswa dalam memecahkan masalah dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untukĀ  untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam memecahkan masalah melalui penerapan problem based learning pada mata kuliah praktek lapangan MIPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan subjek penelitiannya adalah mahasiswa PGSDĀ  berjumlah 31 orang yang terdiri dari angkatan 2007 dan 2008 dan dosen pengampu mata kuliah praktek lapangan MIPA. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian yaitu pada siklus I, keterampilan mahasiswa dalam memecahkan masalah memiliki nilai rerata 63 sedangkan pada siklus II, nilai rerata yang diperoleh adalah 77,96. Maka terdapat peningkatan dalam hal keterampilan mahasiswa memecahkan masalah yaitu sebesar 14,96.

Copyrights © 2012