Penelitian ini menggunakan teknik pemilihan informan secara non-probability sampling (pengambilan sampel tidak berdasarkan peluang) dan dalam penentuan informan ini, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi (pengamatan), interviev (wawancara). Dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, faktor penyebab perjudian game playstation yang terjadi dikalangan anak-anak antara lain: (1) Keluarga, (2) Lingkungan dan (3) Teknologi. Terdapat upaya kontrol sosial orang tua dalam menanggulangi perjudian game playstation pada anak dikalangan anak-anak diantaranya yaitu:(1) Sanksi yaitu upaya kontrol sosial dimana orang tua memberikan sanksi kepada anak-anak yang melakukan perjudian game playstation. (2) Sosialisasi yaitu anak-anak yang melakukan perjudian game playstation diharapkan dapat memahami dan mematuhi peraturan, norma-norma dan nilai-nilai sosial di dalam masyarakat. (3) Pendidikan Formal yaitu kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi anak anak yang melakukan perjudian game playstation yang berhubungan dengan perkembangan karakter sianak sehingga anak-anak dapat membedakan mana yang baik untuk dilakukan dan mana yang tidak baik untuk dilakukan. (4) Pendidikan Informal yaitu anak-anak diharapkan memiliki kesibukan yang memiliki nilai yang sesuai dengan norma-norma serta nilai-nilai sosial yang terdapat di dalam masyarakat.
Copyrights © 2020