ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran bakso ikan tuna pada Kelompok Cahaya Nur Kelurahan Sodohoa Kecamatan Kendari Barat Kota  Kendari. Penelitian ini merupakan studi kasus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian yaitu data primer mulai dari proses produksi sampai dengan pemasaran produk. Data tersebut diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan yaitu: a) kekuatan (tenaga kerja terampil, harga produk, kualitas produk, memiliki pelanggan tetap), b) kelemahan (wilayah distribusi masih terbatas, belum memiliki label kemasan, minimnya pemanfaatan internet, minimnya kegiatan promosi), c) peluang (dekat dengan bahan baku, adanya dukungan dari pihak pemerintah, meningkatnya permintaan konsumen, keperluan tenaga kerja tercukupi), d) acaman (perubahan cuaca, pesaing usaha sejenis, perubahan selera konsumen, kenaikan harga BBM). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil analisis diketahui bahwa strategi pemasaran bakso ikan tuna yang dilakukan oleh Kelompok Cahaya Nur adalah meningkatkan tenaga kerja terampil dengan memanfaatkan dukungan pemerintah, memaksimalkan harga dan kualitas produk dengan memanfaatkan permintaan konsumen, meningkatkan kegiatan promosi dengan menggunakan media sosial yang dikenal masyarakat, menambah saluran distribusi dengan memanfaatkan permintaan konsumen, mempertahankan harga jual produk agar bisa bersaing, melakukan promosi ditempat umum, menciptakan produk baru sehingga konsumen memiliki banyak pilihan, dan dapat bersaing dengan usaha sejenis.Kata kunci : Strategi Pemasaran, Bakso Ikan Tuna, Analisis SWOT
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019