PT. Tunggal Berjaya Sejahtera adalah salah satu perusahaan di Makassar yang bergerak di bidang properti. PT. Tunggal Berjaya Sejahtera dalam melakukan komunikasi dengan pelanggan melalui via telephone, sms, Facebook, WhatsApp dan media sosial lainnya. Permasalahan yang dihadapi adalah semakin hari jumlah pelanggan yang bertanya semakin banyak dan membutuhkan respon yang cepat. Penelitian ini bertujuan merancang suatu aplikasi chatbot berbasis website yang dapat membantu menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat sehingga pelanggan mendapatkan informasi yang dibutuhkan tanpa membutuhkan waktu dan tenaga dari pegawai. Data Penelitian yang digunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalu survey dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen perusahaan. Metode perancangan dari sistem ini menggunakan UML (Unifield Modelling Languge) yaitu menggunakan use case diagram, Sequence diagram, Activity diagram , dan Class diagram yang dilengkapi dengan metode pengujian black box untuk fungsional sistem. Dari penelitian dapat menghasilkan aplikasi chatbot berbasis website yang mampu menjawab pertanyaan yang diinputkan oleh pelanggan secara cepat dan tepat. Sehingga memperlancar komunikasi antara PT. Tunggal Berjaya Sejahtera dengan pelanggan dalam pemasaran properti.
Copyrights © 2019