Pendidikan Kewarganegaraan
Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

TUJUAN, PENGORGANISASIAN, DAN STRUKTUR KURIKULUM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI AFRIKA SELATAN, INGGRIS DAN HONGKONG

Mochamad Arinal Rifa (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2020

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan tujuan, pengeorganisasian, dan struktur kurikulum pendidikan kewarganegaraan di negara Afrika Selatan, Inggris, dan Hongkong. Mendeskripsikan pendekatan pendidikan kewarganegaraan pada kurikulum sekolah di berbagai negara tersebut, menjelaskan pengaruh pada pendefinisian dan pendekatan pendidikan kewarganegaraan di Afrika Selatan, Inggris, dan Hongkong, Penulisan artikel ini merupakan kajian literature dengan mencari dan mengumpulkan data yang sesuai dengan tema artikel yang dipilih. Data atau informasi yang berkaitan dengan tujuan, pengeorganisasian, dan srtuktur kurikulum di negara Afrika Selatan, Inggris, dan Hongkong. Pendefinisian dan pendekatan kurikulum pendidikan kewarganegaraan dalam konteks tujuan kurikulum, organisasi dan struktur pendidikan kewarganegaraan hanya bisa dipahami sepenuhnya dengan cara menggali peran penting dan pengaruh faktor kontekstual yaitu tradisi sejarah, posisi geografis, struktur sosial-politik, sistem ekonomi, dan tren global terhadap kebijakan PKn.

Copyrights © 2018