Pendidikan Kewarganegaraan
Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

Penerapan Model Pembelajaran Project Citizen Pada Mata Pelajaran PKn Sebagai Penguatan Ecological Citizenship

Mariyani mariyani (Yogyakarta State University)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2020

Abstract

 AbstrakSalah satu tuntutan karakteristik warga negara abad 21 saat ini ialah keterlibatan warga negara dalam urusan publik. Salah satu isu publik yang diangkat dalam tulisan ini ialah keterlibatan warga negara dalam isu lingkungan. Peran persekolahan dalam hal ini juga masih sangat minim. Hal ini terlihat dalam ruang lingkup pembelajaran PKn yang masih sedikit membahas mengenai isu-isu lingkungan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan secara efektif untuk penguatan ecological citizenship  ialah model pembelajaran project citizen. Kelebihan penggunaan model project citzen sebagai bentuk penguatan ecological citizenship karena keterlibatan peserta didik tidak hanya dalam ranah berpikir kritis tetapi juga keterlibatan aktif dalam menyelesaikan permasalahan isu lingkungan melalui kebijakan publik. Penulisan artikel ini menggunakan metode penelitian tinjauan pustaka (library research). Adapun beberapa kajian yang akan dibahas dalam tulisan ini meliputi 1) landasan teoritik model project citizen; 2) urgensi project citizen dalam pembelajaran PKn dan 3) Penerapan model pembelajaran project citizen pada mata pelajaran PKn sebagai bentuk penguatan ecological citizenship.Kata Kunci: Ecological Citizenship, PKn dan  Project Citizen

Copyrights © 2018