Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi prinsip inklusi eksklusi. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian mahasiswa semester V (lima) program studi pendidikan matematika Universitas Riau Kepulauan Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Kerangka analisis dikembangkan berdasarkan prosedur Newman. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa mahasiswa melakukan (1) kesalahan membaca soal sebesar 26% berupa tidak mengetahui makna dari soal; (2) kesalahan memahami soal sebesar 38% berupa tidak mengetahui apa yang akan dicari; (3) kesalahan transformasi soal sebesar 47% berupa berupa tidak dapat membentuk prinsip inklusi eksklusi; (4) kesalahan keterampilan proses sebesar 70% berupa kesalahan dalam perhitungan; dan (5) kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 72% berupa kesalahan menuliskan jawaban akhir dari soal. Hasil penelitian menunjukkan. persentase kesalahan paling besar yang dilakukan mahasiswa yaitu kesalahan penulisan jawaban akhir dengan rata-rata 72%. Hasil tersebut dapat dijadikan bahan diskusi dan penelitian selanjutnya, khususnya pada bagian analisis penyebab kesalahan pada kesalahan transformasi soal, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir karena pada tahap ini persentase kesalahannya cukup besar.
Copyrights © 2020