Abstrak -Smartphone merupakan salah satu teknologi yang sangat cepat berkembang, berbagai macam fungsi serta fitur canggih disematkan didalamnya. Para produsen Smartphone juga terus berlomba-lomba untuk memproduksi berbagai macam tipe dan jenis Smartphone setiap tahunnya. Hal ini sering membuat masyarakat kebingungan saat ingin membeli Smartphone dipasaran, karena selain banyaknya ragam Smartphone dari berbagai merk, juga disebabkan ada beberapa jenis Smartphone yang memiliki fitur dan fungsi yang sama hanya berbeda merk. Dengan dibuatnya sistem pendukung keputusan berbasis web ini, para pengguna yang khususnya ingin membeli Smartphone akan mendapatkan rekomendasi berupa perangkingan merk Smartphone berdasarkan kriteria yang diinginkan pengguna. Penerapan metode Simple Additive Weighting (SAW) dalam sistem ini menghasilkan proses perhitungan nilai akhir dengan sangat baik sehingga hasil akhir nilai dapat ditampilkan dari merk Smartphone dengan nilai tertinggi (paling sesuai dengan kriteria pengguna) sampai dengan merk Smartphone dengan nilai terendah (tidak sesuai dengan kriteria pengguna).Katakunci: peringkat, SAW, smartphone, SPKAbstract - Smartphones is one of technology that is very fast developing, various functions and sophisticated features embedded in it. The Smartphone manufacturers also continue to compete to produce various types of Smartphones every year. This makes people confused when they want to buy a Smartphone in the market, because in addition to the many kinds of Smartphones from various brands, also caused by several types of Smartphones that have the same features and functions, only different brands. With this web-based Decision Support System, users who specifically want to buy a Smartphone will get a recommendation a Smartphone brand ranking based on the criteria the user wants. The application of the Simple Additive Weighting (SAW) method in this system results in a very good final value calculation process, so that the final value can be displayed from the Smartphone brand with the highest value (most appropriate based on user criteria) up to the Smartphone brand with the lowest value (not according to user criteria).Keywords: DSS, ranking, SAW, smartphones
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020