AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh free cash flow dan agency cost terhadap kinerja perusahaan pada sektor perdagangan di Bursa Efek Indonesia. Tujuan yang lain adalah untuk menguji agency cost sebagai variabel moderating dari pengaruh free cash flow terhadap kinerja perusahaan sektor perdagangan di Bursa Efek Indonesia. Penelitian merupakan  penelitian penjelasan (explanatory research) yang dilakukan pada perusahaan perdagangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel penelitian ini antara lain free cash flow dan agency cost sebagai variabel independen sedangkan variabel dependen adalah kinerja perusahaan yang diproksikan dengan rasio profitabilitas (ROA). Populasi penelitian idalah 53 perusahaan sektor perdagangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013 sampai 2016. Pemilihan sampel dilakukan dengan purposive sampling sehingga terpilih menjadi 25 perusahaan. Alat analisis data menggunakan Moderating Regression Analysis (MRA). Penelitian menghasilkan bahwa free cash flow berdampak negatif terhadap agency cost.  Free cash flow tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Agency cost meningkatkan pengaruh free cash flow terhadap kinerja perusahaan.Kata kunci: Agency Cost, Free Cash Flow,  Kinerja, Profitabilitas dan Sektor Perdagangan. AbstractThis study aims to analyze how the influence of free cash flow and agency cost on company performance in the trading sector on the Indonesia Stock Exchange. Another objective is to examine agency cost as a moderating variable of the effect of free cash flow on the performance of trading sector companies on the Indonesia Stock Exchange. The research is analytical research conducted on trading companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The variables of this study include free cash flow and agency cost as the independent variable. In contrast, the dependent variable is the company's performance, which is proxied by the profitability ratio (ROA). The research population was 53 trade sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2013 to 2016. The sample selection was made by purposive sampling so that it was selected to be 25 companies. The data analysis tool uses the Moderating Regression Analysis (MRA). Research has shown that free cash flow harms agency costs. Free cash flow does not affect company performance. Agency cost increases the effect of free cash flow on company performance.Keywords: Agency Cost, Free Cash Flow, Performance, Profitability and the Trade Sector.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019