PAEDAGOGIA
Vol 19, No 1 (2016): PAEDAGOGIA Jilid 19 Nomor 1 (2016)

TES DIAGNOSTIK MODEL MENTAL TIPE PILIHAN GANDA MULTI TINGKAT PADA MATERI KOLOID (TDM-PMTKOLOID)

Wiji Wiji (Jurusan Pendidikan Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia)
Sri Mulyani (Jurusan Pendidikan Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia)
Galuh Yuliani (Jurusan Pendidikan Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia)
Rudina Okvasari (Jurusan Pendidikan Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2020

Abstract

Dalam penelitian ini telah dikembangkan tes diagnostik model mental dengan teknik pilihan ganda multitingkat pada materi sistem koloid (TDM-PMTKoloid) dengan menggunakan metode deskriptif. TDM-PMT-Koloid terdiri dari 9 butir pertanyaan (5 subkonsep) yang meliputi empat pilihan jawaban dan empat pilihan alasan. Pilihan jawaban merupakan representasi makroskopik dan simbolik yang dikembangkan melalui data primer percobaan dan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari. Pilihan alasan merupakan representasi model submikroskopis yang dikembangkan berdasarkan kajian beberapa buku teks General Chemistry. TDMPMT-Koloid telah dinyatakan valid dengan beberapa catatan perbaikan oleh lima orang panelis yang terdiri dari seorang profesor bidang Pendidikan Kimia, seorang doktor bidang Pendidikan Kimia, dan tiga orang doktor bidang Kimia Fisika. Uji reliabilitas menggunakan metoda Cronbach didapatkan koefisien reliabilitas Cronbach Alpha sebesar 0,782 untuk total soal dan antara 0,607-0,797 untuk setiap subkonsep. Hasil ujicoba TDM-PMT-Koloid terhadap 46 siswa ditemukan sebanyak 21%  memiliki model mental utuh (memahami konsep koloid dalam tiga level representasi); sebanyak 33% memiliki model mental parsial (memahami konsep koloid dalam salah satu level representasi); dan 46% memiliki model mental hampa (tidak memahami konsep koloid dalam semua level representasi).

Copyrights © 2016