Jurnal IPA Terpadu
Vol 2, No 1 (2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII STUDI PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN

Andriani, Dwi Hardiyanti (Unknown)
Ramlawati, Ramlawati (Unknown)
Yunus, Sitti Rahma (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan  yaitu: (1) Peningkatan Hasil belajar IPA peserta didik sesudah dibelajarkan dengan model pembelajaran Konvensional; (2) Hasil belajar IPA Peserta didik sesudah dibelajarkan dengan model pembelajaran Quantum; (3) Pengaruh model pembelajaran Quantum terhadap Peningkatan  Hasil Belajar IPA Peserta didik.Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs Muhammadiyah terdiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik 104 Orang. Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik Double random sampling yang dipilih  dari dua kelas. Kelas VIII1 adalah kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran  Quantum dan Kelas VIII2 adalah kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran  konvensional. Kelas pertama adalah kelas VIII2 dengan 26 peserta didik dan kelas kedua adalah VIII2 terdiri dari 26 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar dengan model pembelajaran Quantum pada kelas VIII1 berada pada kategori tinggi; (2) Hasil belajar IPA Peserta didik model pembelajaran konvensional pada kelas VIII2 berada pada kategori rendah; (3) Terjadi pengaruh sesudah dibelajarkan dengan model pembelajaran Quantum pada kelas VIII2 dibandingkan Hasil belajar IPA Peserta didik sesudah dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada kelas VIII1 dengan peningkatan yang lebih tinggi pada Hasil belajar IPA Peserta didik.

Copyrights © 2018