Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi semakin pesat. Dengan adanya teknologi akan memberikan kemudahan serta sangat bermanfaat bagi perusahaan dalam melakukan pengolahan data. Salah satu komponen penting dari hampir seluruh sertifikasi standarisasi adalah adanya informasi pengontrolan mutu yang dilakukan oleh perusahaan atau entitas organisasi. Monitoring adalah sesuatu penilaian (assesment) yang rutin (harian) terkait aktivitas dan perkembangan yang sedang berlangsung, sementara evaluasi adalah penilaian yang bersifat periodik terkait semua pencapaian. Pengelolaan data yang baik akan dijadikan sumber informasi penting dalam proses pengambilan keputusan bagi perusahaan. Bagian quality control (QC) pada perusahaan PT. XY. Tujuan dari penelitian yaitu membangun sebuah system untuk mempermudah dalam mengontrol dokumen quality control perusahaan tersebut. Metode pada penelitian ini menggunakan prototype. Informasi yang cepat dan tepat dari sistem produksi diperlukan dalam pengembangan perusahaan agar efektifitas dan efisiensi dapat tercapai. Kontrol mutu atau quality control (QC) adalah suatu kegiatan untuk mengukur kualitas suatu barang dengan membandingkannya sesuai dengan spesifikasi dan syarat yang dibutuhkan oleh perusahaan. Pada bagian Quality control (QC) bertugas memeriksa (inspecting), menguji (testing), dan memisahkan (grading) dengan menggunakan statistik sebagai analisa angka-angka (data-data) yang tepat, sebagai jawaban untuk pembanding dan estimasi hasil yang baik dan yang tidak baik dalam proses produksi pada perusahaan.
Copyrights © 2019