Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control
Vol 2, No 3, August-2017

Penentuan Pola Kunjungan Wisatawan Ke Berbagai Objek Wisata Di Pulau Ambon Menggunakan Frequent Pattern Growth

Muhammad Fadli Fakih (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Eko Mulyanto Yuniarno (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Supeno Mardi Susiki N (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2017

Abstract

Untuk menyusun perencanaan pengembangan objek daya tarik wisata di pulau Ambon khususnya penentuan pola perjalanan wisatawan diperlukan data dan Metode yang relevan, salah satu metode penentuan pola kunjungan wisata adalah Metode Frequent Pattern Growth yang terbukti dapat digunakan untuk melihat pola kecenderungan. Dari 505 sampel data wisatawan Gabungan yang terdiri dari 331 wisatawan Domestik dan 174 wisatawan mancanegara yang berkunjung ke 18 objek daya tarik wisata di pulau Ambon dengan minimum support 10 % dan minimum confidence 70 % didapatkan 12 pencarian pola kunjungan wisatawan yakni pola kunjungan wisatawan domestik, Mancanegara dan Gabungan  ke seluruh ODTW, ODTW Pantai, ODTW Sejarah dan ODTW Alam. Dari masing–masing item, diambil 10 pola berdasarkan tingkat confidence tertinggi untuk dijadikan bahan rekomendasi bagi dinas terkait menyangkut penentuan pola kunjungan wisatawan di pulau Ambon.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

kinetik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering

Description

Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control was published by Universitas Muhammadiyah Malang. journal is open access journal in the field of Informatics and Electrical Engineering. This journal is available for researchers who want to improve ...