IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT
Vol. 1 No. 1 (2016)

Game Tradisional Tarik Tambang Berbasis Web

Abdul Syukur (Fakultas Teknik Universitas Islam Riau)
Dian Suprayogi (Fakultas Teknik Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2017

Abstract

Permainan tradisional memberikan alternatif yang kaya dengan nilai budaya, tetapi pada saat sekarang ini permainan tradisional sudah hampir punah jika tidak dipelihara dan dikembangkan, karena pada saat sekarang anak-anak lebih suka bermain video game dan juga lahan untuk bermain sudah jarang. Salah satu cara untuk memperkenalkan permainan tradisional adalah dengan membuatnya dalam bentuk aplikasi game berbasis web, sehingga diharapkan permainan tradisional tetap dapat dimainkan oleh siapa saja dan dimana saja dengan teknologi internet. Saat ini internet sudah berkembang menjadi salah satu media yang paling populer di dunia. Jumlah pengguna internet yang besar dan semakin berkembang telah mewujudkan budaya internet. Mulai dari sekedar browsing hingga bermain game online. Dengan meningkatnya jumlah pengguna internet, pengembang semakin berlomba-lomba menampilkan sesuatu yang berkualitas. Salah satunya pengembangan platform menggunakan HTML5. HTML5 dimanfaatkan para pengembang untuk menciptakan game yang dimainkan melalui browser terkini. Tidak perlu memasang aplikasi, pengguna hanya butuh terkoneksi internet dan sudah memiliki browser. Pada penelitian ini penulis memilih tema permainan tarik tambang yang merupakan salah satu permainan tradisional Indonesia. Perancangan game tarik tambang berbasis web ini menggunakan HTML5 dan diolah dengan menggunakan Javascript dan PHP.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ITJRD

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Engineering

Description

Information Technology Journal Research and Development (ITJRD) adalah Jurnal Ilmiah yang dibangun oleh Prodi Teknik Informatika, Universitas Islam Riau untuk memberikan sarana bagi para akademisi dan peneliti untuk mempublikasikan tulisan dan karya ilmiah di Bidang Teknologi Informatika. Adapun ...