Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 3, No 1 (2020)

Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM): Studi Quasi Eksperimen di SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci

Morri Manik (Universitas Riau)
Sehatta Saragih (Universitas Riau)
Zulkarnain Zulkarnain (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1)  mengetahui  perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model PBM dengan pembelajaran konvensional; 2) mengetahui interaksi antara model  PBM dengan level kemampuan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa; 3) mengetahui  perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model  PBM dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari level tinggi, sedang, dan rendah; dan 4) mengetahui  perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model  PBM ditinjau dari level tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian Quasi Experimen Design pretest-post-test control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan komunikasi matematis (KKM) dengan analisis data digunakan yaitu uji-t, uji anova dua arah dan uji anova satu arah. Hasil analisis data menunjukkan : 1) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model  PBM dengan pembelajaran konvensional; 2) terdapat interaksi antara model PBM dengan level kemampuan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa; 3) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model  PBM dengan pembelajaran konvensional pada kemampuan level tinggi, sedang, dan rendah; dan 4) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis menggunakan model  PBM ditinjau dari level tinggi, sedang, dan rendah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...