Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 3, No 1 (2020)

Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Self Confidence Siswa Madrasah Aliyah Kampar

Nur Fadillah (Unknown)
Depi Fitraini (Pendidikan Matematika FTK Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Matematis siswa yang belajar dengan kontribusi Terbuka-berakhir dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, untuk belajar tentang kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki Keyakinan Diri tinggi, sedang, rendah, dan sesuai untuk membantu perubahan. Belajar dalam Pembelajaran dengan Keyakinan Diri terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimental Faktorial . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester ganjil MAS Anshor Al-Sunnah tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknikCluster Random Sampling terpilih kelas XB 1 sebagai kelas eksperimen dan XB 2 sebagai kelas kontrol. Teknik mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes, dan nontes. Instrumen Data pengumpulan Yang digunakan Adalah lembar soal pretest Dan postest kemampuan communication matematis, angket Kepercayaan Diri Dan lembar pengamatan AKTIVITAS Guru dan Siswa. Teknik analisis data menggunakan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Berbasis kompetensi komunikasi matematis antara siswa yang mengambil pembelajaran menggunakan Open-endeddengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; 2) Memiliki perbedaan kemampuan komunikasi antara siswa yang memiliki Percaya Diri tinggi, sedang, dan rendah; 3) Tidak perlu interaksi antara penerapan disarankan dalam pembelajaran dengan Keyakinan Diri terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...