Buletin Pembangunan Berkelanjutan
Vol. 4 No. 1 (2020)

Pelatihan English for Educator Bagi Guru Tingkat SMK di Kota Semarang

Tri Arie Bowo (Universitas Ngudi Waluyo)
Maya Kurnia Dewi (Universitas Ngudi Waluyo)
Budiati Budiati (Universitas Ngudi Waluyo)



Article Info

Publish Date
10 May 2020

Abstract

Program Pengabdian Kepada Masyarakat dengan judul pelatihan English for Educator Bagi Guru Tingkat SMK di Kota Semarang merupakan pelatihan Bahasa Inggris yang dikhususkan untuk pengajaran di kelas. Mitra dalam pengabdian masyarakat ini adalah institusi pendidikan vokasi yakni Sekolah Menengah Kejuruan Persatuan Guru Republik Indonesia 01 yang terletak di kota Semarang. Permasalahan yang dialami mitra yakni kurangnya kemampuan guru SMK PGRI 01 Semarang untuk mengajar dengan menggunakan Bahasa Inggris. Hal tersebut karena kurangnya pelatihan bahasa Inggris yang dikhususkan untuk guru-guru di sekolah tersebut. Secara spesifik, kurangnya kemampuan guru dalam bahasa Inggris yakni dalam keterampilan speaking (berbicara). Solusi permasalahan mitra yang ditawarkan dalam pengabdian masyarakat ini adalah pelatihan English for Educator yakni pelatihan untuk guru-guru/pengajar yang merupakan gabungan dari metode classroom language dan bahasa Inggris dasar. Pada pelaksanaan pelatihan ditemukan bahwa penguasaan vocabulary peserta kurang memadai. Oleh karena itu, efektivitas pelatihan berbasis speaking kurang terlihat efektivitasnya. Pelatihan berbasis vocabulary perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam ketrampilan speaking.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

buletinpembangunan

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Fokus utama adalah pengabdian kepada masyarakat berkaitan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) / Sustainable Development Goals (SDGs) kelompok utama yaitu sosial, ekonomi, lingkungan, teknologi, hukum dan tata kelola berbasis penelitian seperti Participatory Action Research, Pengembangan ...