Getaran merupakan hal penting dalam perencanaan struktur utama sepeda motor. Lengan ayun (swing arm) merupakan bagian struktur utama rangka sepeda motor, berfungsi berfungsi sebagai penahan roda penggerak dan sebagai tumpuan shock breaker. Lengan ayun dipasang tidak tetap agar dapat bergerak bebas mengikuti kontur jalan dan beban kendaraan selama sepeda motor bergerak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dinamik lengan ayun sepeda motor jenis suspensi twinshock. Jenis ini dipilih karena paling banyak dipakai oleh konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan membuat dua model lengan ayun berbahan carbon steel. Analisis statik dan dinamik pada struktur lengan ayun menggunakan software berbasis metode elemen hingga. Analisis statik untuk memperoleh nilai tegangan von mises dan displacement. Analisis dinamik untuk memperoleh nilai frekuensi pribadi. Setelah itu kedua model dilakukan analisis FRF (frequency response function) untuk melihat karakteristik getaran akibat respon dinamik dari eksitasi luar. Hasil analisis dengan software dibandingkan dengan analisis eksperimental menggunakan sensor accelerometer dan pengolah data digital. Hasil analisis menyimpulkan bahwa model B meiliki karakteristik yang baik karena tegangan von mises sebesar 246,8 MPa, displacement 2,2288 mm, dan frekuensi pribadi pertama 156,52 Hz.
Copyrights © 2015