Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Vol 4, No 2 (2019): Mei 2019

Strategi Komunikasi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Aceh dalam Mensosialisasikan Informasi Wajib Pajak Kepada Masyarakat

sri wulandari (program studi ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan politik universitas syiah kuala)
Mahyuzar mahyuzar (fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2019

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini berjudul “strategi komunikasi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Aceh dalam memsosialisasikan informasi wajib pajak kepada masyarakat”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi Direktorat Jenderal Pajak dalam melakukan sosialisasi wajib pajak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Perencanaan (Theory of Planning). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan atau subjek penelitian terdiri dari 2 karyawan Direktorat Jenderal Pajak dan 2 masyarakat wajib pajak. Data dalam penelitian ini diperoleh berdasarkan hasil observasi dan wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa, strategi komunikasi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak dalam mensosialisasikan wajib pajak kepada masyarakat berawal dari mengenali masyarakat, menentukan metode komunikasi dan memilih media yang akan digunakan dalam penyampaian informasi wajib pajak kepada masyarakat.           Kata kunci : Strategi Komunikasi, Mensosialisasikan, Informasi, Wajib Pajak, Teori Perencanaan.Communication Strategy of Directorate General Taxation Of Aceh in Disseminating Taxpayer Information to the Public ABSTRACTThis research is entitled “Communication Strategy of Directorate General Taxation Of Aceh in Disseminating Taxpayer Information to the Public”. The purpose of this research is to find out the communication strategy of the Directorate General of Taxes in conducting taxpayer socialization. The theory used in this research is Planning of theory. This study uses a descriptive qualitative approach. Informants or research subjects consisted of 2 Directorate General of Taxation employees and 2 taxpayers. The data in this study were obtained based on the results of observations and semi-structured interviews. The results of this study found that, the communication strategy carried out by the DGT in socializing taxpayers to the public begins with recognizing the community, determine the method of communication and choose the media to be used in delivering taxpayer information to the public. Keywords : Communication Strategy, Socialize, Information, taxpayer, Theory of Planning.                  

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

FISIP

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

JIMFISIP menerbitkan artikel ilmiah mahasiswa dari delapan Program Studi, yaitu Prodi Sosiologi, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Politik dan Prodi Ilmu Pemerintahan. JIMFP terbit satu volume dan empat nomor dalam setahun, yaitu bulan Februari, Mei, Agustus dan ...