Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; teknik supervisi klinis, faktor yang menghambat, dan solusi pelaksanaan supervisi klinis serta peran supervisi klinis dalam menigkatkan kinerja guru di Madrasah Nurul Iman. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini yakni teknik pelaksanaan supervisi klinis yang dilaksanakan oleh kepala madrasah Nurul Iman yaitu teknik percakapan antar pribadi, teknik observasi kelas, dan teknik kelompok. Kendala pelaksanaan supervisi klinis yakni minimnya waktu dan banyaknya kelas yang dikunjungi oleh kepala madrasah. Solusi yang dilakukan kepala madrasah dalam mengatasi kendala tersebut yakni melakukan supervisi dengan teknik dialog dan rapat guru. Peran supervisi klinis dalam meningkatkan kinerja guru yaitu mendukung guru dalam mempersiapkan administrasi pembelajaran, mengkondusifkan dan memperbaiki suasana pembelajaran dan memotivasi guru. Kata Kunci: supervisi klinis, kinerja guru 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019