Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran kewirausahaan berbasis lingkungan di SMA Negeri 14 Semarang. Fokus penelitian adalah implementasi pembelajaran kewirausahaan berbasis lingkungan di SMA Negeri 14 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan desain penelitian adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan kesesuaian pengamatan, triangluasi, urian rinci dan auditing. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kewirausahaan terintegrasi dengan Pendidikan Lingkungan Hidup. Guru berperan sebagai pengajar, pendidik, pembimbing, pemimpin, motivator, dan fasilitator. Peserta didik berperan dalam manajemen, membuat rencana bisnis, diskusi kelompok, melakukan produksi, memanfaatkan lingkungan dan melakukan presentasi. Strategi yang digunakan adalah disko remik yaitu gabungan antara strategi Discovery Learning, Rencanakan, Elaborasi, Mengaplikasikan, Inovasi, Kompetisi. Metode pembelajaran yaitu ceramah, diskusi, tanya jawab, wawancara, dan presentasi. Materi yang diajarkan terdiri dari teori dan praktik. Penanaman nilai-nilai kewirausahaan dilakukan dengan berbagai cara menyesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Hasil pembelajaran kewirausahaan menekankan pada kognitif dan psikomotorik dengan pencapaian rata-rata A dan B. Saran yang diberikan adalah sekolah meningkatkan kerjasama dengan stakeholder dan kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Copyrights © 2019