Skripsi ini membahas tentang strategi meningkatkan motorik kasar anak di TK Aisyiyah Paddumpu Kecamatan Dampal Selatan Kabupaten Toli-toli. dengan pokok bahasan yaitu bagaimana gambaran umum meningkatkan motorik kasar anak di TK Aisyiyah Paddumpu Kecamatan Dampal Selelatan ? dan bagaimana strategi meningkatkan motorik kasar anak melalui senam ceria di TK Aisyiyah Paddumpu Kecamatan Dampal Selatan ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi meningkatkan motorik kasar anak melalui senam ceria di TK Aisyiyah Paddumpu Kecamatan Dampal Selatan.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode obserfasi dan wawancara, dan data yang diperoleh kemudian di analisis.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Dalam meningkatkan motorik kasar anak di TK Aisyiyah Paddumpu, guru melakukan beberapa tahapan. (1) Melakukan gerakan mengantung (bergelayut). (2) Melakukan gerakan melompat, meloncat, dan berlari secara terkoordinasi. (3) Melempar sesuatu secara terarah. (4) Menangkap sesuatu secara tepat termasuk dalam kriteria. (5) Melakukan gerakan antisipasi, gerakan antisipasi merupakan gerakan merespon baik itu secara sadar maupun tidak sadar. (6) Menendang sesuatu secara terarah termasuk dalam kriteria menendang merupakan suatu pola kegiatan yang menggunakan kaki untuk memukul suatu benda. (7) Memanfaatkan alat permainan di luar kelas dalam kriteria. Implikasi senam ceria dalam perkembangan motorik kasar anak di TK Aisyiyah Paddumpu sangat berpengaruh, dikarenakan melalui senam ceria semua anggota tubuh anak bergerak sehingga motorik kasar anak berkembang. dalam senam ceria juga aktifitas fisik secara erkoordinasi dalam rangka kelenturan dan kesiapan anak untuk menulis, kelincahan dan melatih keberanian anak. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan. Menggunakan analisis isi dan analisis komparatif. Kata Kunci : Strategi, Meningkatkan, Motorik kasar Anak , Senam ceria
Copyrights © 2019