Visi pembangunan pertanian adalah terwujudnya pertanian indonesia yang unggul berkelanjutan yang berbasis sumberdaya lokal untuk meningkatkan kemandirian pangan dan Perkebunan khususnya buah-buahan dalam hal ini bibit tanaman Kakao, yang bernilai tinggi, berdaya saing, bernilai ekspor dan mensejahterahkan petani.                             Salah satu ciri usahatani tanaman Kakao adalah orientasi peningkatan sistim agribisnis yang mampu menghasilkan produk pertanian yang berdaya saing tinggi baik dipasar domestik maupun mancanegara.CV.Agrovalah di Desa Berdikari, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi adalah salasatu produsen bibit unggul yakni bibit tanaman kakao dan dalam usaha pemenuhan kebutuhan akan tanaman perkebunan, dilingkungan masyarakat tani, namun demikian belum dapat diketahui seberapa besar hasil dari pemasaran bibit tanaman kakao pada uahatani yang selama ini dilakukan serta bagaimana proses pemasaran yang selama ini dilakukan.Adapun permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana saluran pemasaran bibit kakao pada CV Agrovala kemudian peneliti ingin mengetahui margin pemasaran CV Agrovala.
Copyrights © 2019