Jurnal Manajemen Pemasaran
Vol. 14 No. 1 (2020): APRIL 2020

HUBUNGAN BRAND EXPERIENCE, BRAND IMAGE, BRAND SATISFACTION, DAN BRAND LOYALTY DALAM PESPEKTIF FOUR-STAGE LOYALTY MODEL (STUDI TERHADAP MAHASISWA PENGGUNA SMARTPHONE DI TARAKAN)

Rahmat Rahmat (Departemen Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bulungan Tarakan Jl. Gunung Amal RT. 14, Kampung Enam, Tarakan, Kalimantan Timur 77123)
Marso Marso (Departemen Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bulungan Tarakan Jl. Gunung Amal RT. 14, Kampung Enam, Tarakan, Kalimantan Timur 77123)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh langsung brand experience terhadap brand image, brand satisfaction, dan brand loyalty. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa di Tarakan.  Sampel penelitian ini terdiri dari 128 responden yang ditarik dengan metode nonprobability sampling. Software yang digunakan untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen serta menguji hipotesis penelitian ini adalah SmartPLS 3.0 Professional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand experience berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap brand image, pengaruh langsung brand experience terhadap brand satisfaction tidak signifikan, pengaruh langsung brand experience terhadap brand loyalty tidak signifikan, brand image berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap brand satisfaction, pengaruh langsung brand image terhadap brand loyalty tidak signifikan, dan brand satisfaction berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap Brandloyalty. Selain membahas hasil pengujian pengaruh langsung, peran brand image dan brand satisfaction sebagai variabel mediator juga dibahas dalam penelitian ini. Secara teoritis, hasil penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan anteseden loyalitas pelanggan; sedangkan secara pragmatis, temuan penelitian ini dapat bermanfaat sebagai bahan dalam merumuskan strategi untuk meningkatkan loyalitas pengguna Smartphone

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mar

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Managemen Pemasaran dipublikasikan secara berkala setiap tahun oleh Program Studi Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra Surabaya. Tujuan Jurnal Manajemen Pemasaran adalah: 1. Menyebarluaskan pengetahuan, penemuan, dan pengembangan ilmu pemasaran secara teori maupun praktis melalui ...