Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning melalui percobaan sederhana terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus I Mengwi . Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri di Gugus 1 Mengwi sebanyak 187 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV SD No. 1 Pererenan sebanyak 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SD No. 1 Cemagi sebanyak 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Data tentang kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif. Berdasarkan hasil analisis uji-t data GSn, diperoleh thitung = 5,139, pada pada taraf signifikansi 5% dengan ??= 32+30?2=60 dan diperoleh ttabel = 2,000. Sehingga dapat diketahui bahwa thitung = 5,139 > ttabel = 2,000 yang berarti H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis tersebut, diketahui bahwa rata-rata data GSn kompetensi pengetahuan IPA siswa pada kelompok eksperimen lebih dari nilai rata-rata pada kelompok kontrol yaitu ??1=0,45 > ??2=0,32. Jadi, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Project Based Learning melalui percobaan sederhana terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus I Mengwi.
Copyrights © 2020