Jurnal Soshum Insentif
Vol 3 No 1 (April, 2020): Jurnal Soshum Insentif

Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kepuasan Pasien di Puskesmas

Kosasih Kosasih (Universitas Sangga Buana)
Vip Paramarta (Universitas Sangga Buana YPKP)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2020

Abstract

Melalui penelitian ini diharapkan mendapatkan data bukti empirik tentang peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dan pengaruhnya terhadap peningkatan kepuasan pasien dalam rangka mendukung percepatan ekonomi dan pengentasan kemiskinan di Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat. Objek penelitian ini dibatasi pada pasien yang menggunakan BPJS kesehatan.Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif dengan cara kuantitatif dan analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik accidental sampling atau teknik incidental sampling, yaitu metode pengambilan sampel dengan memilih pasien yang sudah menyelesaikan perawatan di Puskesmas Cicangkanggirang. Terbukti secara empiris dan hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kualitas layanan kesehatan dengan dimensi: Tangible, Empathy, Reliability, Responsiveness, dan Assurance secara simultan mempengaruhi peningkatan kepuasan pasien di Puskesmas Cicangkanggirang di Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat. Hal ini sangat bermanfaat dan membantu bagi pasien yang berobat dari kalangan masyarakat miskin dan kemampuan ekonomi yang rendah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnalsoshum

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Soshum Insentif adalah wadah informasi bidang Ilmu Sosial dan Humaniora berupa hasil penelitian yang diterbitkan oleh LLDIKTI Wilayah IV dan frekuensi terbit dua kali setahun. ...