Khazanah: Jurnal Studi Islam dan Humaniora
Vol 3, No 2 (2005)

DINAMIKA KURIKULUM PONDOK PESANTREN (STUDI TIGA PONDOK PESANTREN TERTUA DI KALIMANTAN SELATAN)

Mahyuddin, Mahyuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2019

Abstract

Sebagai lembaga pendidikan yang bercirikan grass roots, pesantren selalu berupaya menyesuaikan misinya dengan kebutuhan dan dinamika perkembangan masyarakat sekitamya, termasuk dalam menyesuaikan dengan perkembangan sistem pendidikan modem. Dalam merespon sistem pendidikan modem. pesantren sedikitnya melakukan dua cara, yaitu merevisi kurikulumnya dengan memasukkan lebih banyak mata pelajaran umum atau bahkan kepentingan umum, dan merevisi kelembagaan dan fasilitas-fasilitas pendidikan bagi kepentingannya dan baik kepentingan pendidikan umum, termamsuk sistem kurikulum. Perubahan sistem dan kurikulum di pesantren tidak terlepas dan ide dan gagasan dari kyai. Hasil penelitian ini mencoba menggambarkan dinamika kurikulum di tiga pondok pesantren tertua di Kalimantan Selatan, yaitu PP Rasyidiyah Khalidiyah, PP lbnul Amin, dan PP Darussalam

Copyrights © 2005






Journal Info

Abbrev

khazanah

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Khazanah : Jurnal Studi Islam dan Humaniora ISSN 0215-837X and E-ISSN 2460-7606 is peer-reviewed national journal published biannually by the State Islamic University (UIN) of Antasari Banjarmasin. The journal is published biannually in June and ...