Khazanah: Jurnal Studi Islam dan Humaniora
Vol 9, No 2 (2011)

PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF TRANSFORMASI SOSIAL

Akbar, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2011

Abstract

Pendidikan Islam adalah suatu pendidikan yang melatih perasaan murid-murid dengan cara begitu rupa sehingga dalam sikap hidup, tindakan, keputusan, dan pendekatan mereka terhadap segala jenis pengetahuan, mereka dipengaruhi sekali oleh nilai spiritual dan sangat sadar akan nilai etis Islam atau mengantarkan manusia pada perilaku dan perbuatan manusia yang berpedoman pada syariat Allah. Konsep dasar pembaharuan pendidikan harus didasarkan pada asumsi-asumsi dasar tentang manusia menurut ajaran Islam, filsafat dan teori pendidikan Islam yang dijabarkan dan dikembangkan berdasarkan asumsi-asumsi tentang manusia dan lingkungannya. Atau dengan kata lain pembaharuan pendidikan Islam adalah filsafat dan teori pendidikan yang sesuai dengan ajaran pendidikan, dan untuk lingkungan (sosial-kultural). Konsep dasar pendidikan Islam supaya relevan dengan kepentingan umat Islam dan relevan dengan perkembangan zaman

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

khazanah

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Khazanah : Jurnal Studi Islam dan Humaniora ISSN 0215-837X and E-ISSN 2460-7606 is peer-reviewed national journal published biannually by the State Islamic University (UIN) of Antasari Banjarmasin. The journal is published biannually in June and ...