Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui system antrian yang saat ini digunakan oleh UPTD Pekayon Jaya, Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model struktur antrian yang diterapkan oleh Puskesmas Pekayon Jaya adalah multi channel-multi phase sedangkan proses pelayanan antrian pasien BPJS yang digunakan adalah single channel-multi phase. Hasil perhitungan yang sudah dilakukan dengan menggunakan rumus metode antrian terhadap data pasien BPJS pada Puskesmas Pekayon yang diteliti mulai tanggal 18 Oktober-17 November 2017 dan 18 November-16 Desember 2017 antara jam 08.00-15.00 WIB. Tingkat kedatangan rata-rata per jam 8 orang/jam dan 12 orang, tingkat pelayanan rata-rata 18 orang/ jam dan 18 orang/jam. Ratio pelayanan Puskesmas Pekayon Jaya 44% dan 70%, probabilitas tidak ada antrian 33% dan 17,6%. Waktu rata-rata pasien menunggu dalam antrian 3 dan 6 menit. Waktu rata-rata setiap pasien berada dalam system keseluruhan (waktu menunggu plus waktu pelayanan) 7 dan 10 menit.
Copyrights © 2019