Ketidak-lancaran informasi pada suatu perusahaan dapat disebabkan karena tidak terorganisirnya data-data yang masuk maupun yang keluar sehingga tidak mudah mengakses informasi yang dibutuhkan. Untuk mendapatkan informasi  yang dibutuhkan oleh PB Sahabat secara terintegrasi, dapat dilakukan dengan membangun suatu sistem ERP (Enterprise Resouce Planning). Sistem ini mampu memberikan informasi dari setiap divisi (divisi produksi, SDM dan Finansial)  untuk setiap bulannya. Laporan yang dihasilkan oleh sistem ini adalah laporan-laporan seperti kebutuhan bahan. Biaya persediaan, laporan gaji dan laporan keuangan untuk setiap bulannya. Fungsi-fungsi perusahaan yang harus dilibatkan dalam suatu peroses ERP adalah perencanaan produksi, pembelian, manajemen persediaan, finansial (payroll, penetapan biaya produksi, hutang, piutang, dana buku besar), sumber daya manusia, sistern informasi, dan peralatan dan lain-lain. Kata Kunci: ERP, Prototype
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2008