Abstrak : Latar belakang penelitian ini berawal dari sebuah proses pembelajaranyang dilakukan oleh guru yang mengajar di kelas tinggi. Dalam prosespembelajarannya tersebut guru jarang menggunakan media pembelajaran dan strategipembelajaran yang unik untuk menunjang proses pembelajarannya. Cara yangdigunakan guru dalam proses pembelajaran adalah dengan metode ceramah saja,sehingga cara guru mengajar membuat siswa mengalami kebosanan, bicara sendiri,mengantuk, bercerita dengan teman sebangkunya, dan siswa tidak tertarik denganpembelajaran tersebut. Apalagi mata pembelajaran pada saat itu adalah tentang sejarahIndonesia. Pada akhirnya banyak siswa yang tidak dapat menerima konseppembelajaran pada hari itu. Sedangkan dalam kurikulum 2013 siswa dituntut untukberfikir kreatif, aktif dan produktif serta siswa terlibat langsung dengan prosespembelajaran. Hal ini mengakibatkan penurunan siswa dalam pemahaman akan materitentang sejarah, maka perlu adanya pemecahan masalah yaitu penggunaan strategidictoglos. Tujuan peneliti ini untuk mengkaji aktivitas guru dan siswa selama prosespembelajaran dengan menggunakan strategi dictoglos. Dengan menggunakan strategidictoglos siswa lebih senang dan antusias dalam proses pembelajaran. Penelitian inimenggunakan Penelitian Tindakan Kelas.
Copyrights © 2020