MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol 3 No 1 (2020): Januari 2020

PENERAPAN STRATEGI DICTOGLOS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI PERISTIWA SEJARAH

Adhita Dwi Handayani (UNISDA LAMONGAN)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2020

Abstract

Abstrak : Latar belakang penelitian ini berawal dari sebuah proses pembelajaranyang dilakukan oleh guru yang mengajar di kelas tinggi. Dalam prosespembelajarannya tersebut guru jarang menggunakan media pembelajaran dan strategipembelajaran yang unik untuk menunjang proses pembelajarannya. Cara yangdigunakan guru dalam proses pembelajaran adalah dengan metode ceramah saja,sehingga cara guru mengajar membuat siswa mengalami kebosanan, bicara sendiri,mengantuk, bercerita dengan teman sebangkunya, dan siswa tidak tertarik denganpembelajaran tersebut. Apalagi mata pembelajaran pada saat itu adalah tentang sejarahIndonesia. Pada akhirnya banyak siswa yang tidak dapat menerima konseppembelajaran pada hari itu. Sedangkan dalam kurikulum 2013 siswa dituntut untukberfikir kreatif, aktif dan produktif serta siswa terlibat langsung dengan prosespembelajaran. Hal ini mengakibatkan penurunan siswa dalam pemahaman akan materitentang sejarah, maka perlu adanya pemecahan masalah yaitu penggunaan strategidictoglos. Tujuan peneliti ini untuk mengkaji aktivitas guru dan siswa selama prosespembelajaran dengan menggunakan strategi dictoglos. Dengan menggunakan strategidictoglos siswa lebih senang dan antusias dalam proses pembelajaran. Penelitian inimenggunakan Penelitian Tindakan Kelas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mida

Publisher

Subject

Description

MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam contains scientific studies on education in Madrasas or Elementary Schools, educational innovations, and educational thinking in the form of: 1) Research results, 2) Conceptual ideas, 3) Literature studies, and practical ...