Jurnal Equity
Vol 22, No 2 (2019): EQUITY

Determinan Perilaku Kecurangan Akademik dengan Menggunakan Fraud Diamond dan Perspektif Diri Mahasiswa Pendidikan Akuntansi

Ardiyanto Darma Tantama (Universitas PGRI Madiun)
Isharijadi Isharijadi (Universitas PGRI Madiun)
Elana Era Yusdita (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah teori fraud diamond menjadi faktor yang mendorong terjadinya kecurangan di dalam akademik dan mengetahui penyebab lain yang memotivasi terjadinya perilaku curang dari sudut pandang mahasiswa. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terbuka. Hasil penelitian ini menunjukkan faktor penyebab mahasiswa melakukan kecurangan karena adanya tekanan, kesempatan, rasionalisasi, dan kesempatan. Serta faktor lain dari mahasiswa melakukan kecurangan berasal dari dalam diri atau sudut pandang mahasiswa yaitu faktor kebiasaan, kepribadian, kepuasan, keinginan, kebutuhan, ketergantungan pada teman, dan faktor kurangnya percaya diri.

Copyrights © 2019