Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation
Vol 2, No 2 (2019): Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation

PERBEDAAN CUSTOMER SERVICE EXPERIENCE PADA GENERASI Y DAN GENERASI Z DALAM MELAKUKAN PEMESANAN ONLINE FOOD DELIVERY MELALUI APLIKASI GO-FOOD

Wijaya, Viany Revita (Unknown)
Warouw, Grace Irene (Unknown)
Thio, Sienny (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2019

Abstract

 ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui customer service experience dari generasi Y dan generasi Z serta melihat apakah terdapat perbedaan pada dua generasi tersebut dalam melakukan pemesanan online food delivery melalui aplikasi GO-FOOD yang dilihat dari faktor psikologis dan faktor fungsional. Penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner kepada 145 responden generasi Y dan 128 responden generasi Z di Surabaya. Selanjutnya, data diolah dengan menggunakan analisa statistik deskriptif dan independent sample t-test untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan dari dua generasi tersebut dalam melakukan pemesanan makanan secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya ?trust? dan ?value for money? yang merupakan sub-variabel dari faktor psikologis yang memiliki perbedaan yang signifikan antara generasi Y dan Z. Kata Kunci : Customer service experience, generasi Y, generasi Z, online food delivery. DIFFERENCES IN CUSTOMER SERVICE EXPERIENCE BETWEEN GENERATION Y AND GENERATION Z IN ORDERING FOOD SERVICE DELIVERY USING GO-FOOD APPLICATION  ABSTRACTThis research aims to investigate customer service experience of generation Y and generation Z and to examine differences between the two generations in ordering online food delivery using GO-FOOD application from the perspective of psychological dan functionality factor. Quantitative research was employed in this paper by distributing questionnaires to 145 respondents of generation Y and 128 respondents of generation Z in Surabaya. Then, data was processed using descriptive statistics analysis and independent sample t-test in order to investigate whether there is a significance difference between the two generations in ordering online food delivery. The result of this research shows that only ?trust? and ?value for money? which are sub-variables of psychological factor have significantly difference between generation Y and generation Z.Keywords : Customer service experience, online food delivery, x generation, y generation

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Jithor

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Health Professions Social Sciences Other

Description

Journal of Indonesian Tourism, Hospitality, and Recreation (Jurnal Pariwisata, Perhotelan dan Rekreasi Indonesia) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan dua keluaran (issues) dalam setahun pada bulan April dan Oktober. Redaksi juga turut mengundang para peneliti dan praktisi untuk dapat ...