AbstrakAspek fonologi cukup penting dalam tahap permulaan pembelajaran bahasaasing dan dan mahasiswa sering melakukan kesalahan di dalam aspek fonologi pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis persamaan dan perbedaan bunyi-bunyi bahasa Arab dengan bahasa Indonesia, 2) menganalisis interferensi bunyi bahasa Arab dan bahasa Indonesia, dan 3) menganalisis implikasi dari analisis kontrastif bunyi bahasa Arab dan bahasa Indonesia dalam pembelajaran pidato bahasa Arab. Penelitian dilakukan dengan membandingkan persamaan dan perbedaan antara bunyi bahasa Arab dengan bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada bunyibunyi yang sama persis dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia, baik dari segi tempat keluarnya bunyi (makhraj) maupun sifat keduanya. Kemudian, terdapat bunyi-bunyi yang mirip dalam dua bahasa tersebut. Lalu, terdapat pula bunyi-bunyi yang berbeda dalam dua bahasa, baik dari segi makhraj huruf maupun sifatnya. Selain itu, ada bunyi-bunyi bahasa Arab yang bukan termasuk ke dalam bahasa Indonesia dan juga bunyi-bunyi bahasa Indonesia yang bukan termasuk ke dalam bahasa Arab. Kedua bahasa ini memiliki banyak perbedaan vokal sehingga terjadilah berbagai bentuk interferensi diantara keduanya, seperti interferensi bunyi-bunyi bahasa Indonesia dalambahasa Arab atau sebaliknya.
Copyrights © 2019