Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas
Vol 2 No 3 (2018): Vol.2,No.3,2018

Analisis Ketersediaan Fasilitas Tamu Penyandang Disabilitas Di Hotel Kawasan ITDC Nusa Dua

Rosdianti Rosdianti (University of Udayana)
Fanny Maharani Suarka (Universitas Udayana)
I Nyoman Tri Sutaguna (Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2019

Abstract

Fasilitas menjadi salah satu hal penting yang harus disediakan hotel untuk dapat melayani tamu disabilitas.Penelitian ini dilakukan di hotel Inaya Putri Bali dan Melia Bali untuk mengetahui bagaimana ketersediaan dan keadaan fasilitas dan bagaimana upaya hotel untuk meningkatkan fasilitas untuk tamu penyandang disabilitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, serta studi kepustakaan.Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling (key informan).Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif (reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan). Penelitian ini menunjukkan bahwa fasilitas tamu penyandang disabilitas di Hotel Inaya Putri Bali dan Melia Bali terdapat beberapa indikator yang belum tersedia pada dua hotel ini, pada hotel Inaya Putri Bali belum adanya handrail pada ramp, tidak ada huruf braille pada tombol panel didalam lift, alarm lampu darurat, audio, papan informasi serta fasilitas bahasa isyarat bagi tuna rungu, tidak ada jalur pemandu, serta area parkir untuk penyandang disabilitas. Kemudian pada Melia Bali belum adanya toilet umum khusus untuk penyandang disabilitas, tidak ada ramp dari lantai dasar menuju lobby, tidak ada huruf braille pada tombol panel didalam lift, alarm lampu darurat, audio, papan informasi, fasilitas bahasa isyarat bagi tuna rungu, tidak ada jalur pemandu, serta tidak adanya area parkir untuk penyandang disabilitas. Belum adanya beberapa indikator di kedua hotel ini tidak memberikan kesan bahwa hotel tidak ramah terhadap para tamu disabilitasnya dan kamar khusus di kedua hotel ini belum sepenuhnya diperuntukkan kepada tamu penyandang disabilitas. Adapun upaya yang dilakukan kedua hotel ini menggunakan upaya preservatif untuk memelihara atau mempertahankan kondisi yang telah kondusif dengan cara memiliki program-program untuk memelihara atau melakukan pengawasan terhadap semua fasilitas tersebut. Saran dari hasil penelitian ini adalah Inaya Putri Bali dan Melia Bali dapat meningkatkan fasilitas yang belum tersedia dimasing-masing hotel dan dapat mempertahankan fasilitas dan pelayanan yang sudah ada agar tamu merasa aman, nyaman dan mudah melakukan semua aktifitasnya tanpa adanya hambatan. Kata Kunci: fasilitas, tamu, penyandang disabilitas.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jkh

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

The journal is committed to a broad range of topics including tourism and travel management, leisure and recreation studies and the emerging field of event management. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the submission of the results of collaborative research ...