2-TRIK: TUNAS-TUNAS RISET KESEHATAN
Vol 5, No 1 (2015): Februari 2015

PERANCANGAN “LABORATORIUM MAYA SDIDTK” DALAM PEMBELAJARAN STIMULASI, DETEKSI, DAN INTERVENSI DINI TUMBUH KEMBANG ANAK

Heru Santoso Wahito Nugroho (Prodi Kebidanan Magetan, Poltekkes Kemenkes Surabaya)
Sunarto Sunarto (Prodi Kebidanan Magetan, Poltekkes Kemenkes Surabaya)
Suparji Suparji (Prodi Kebidanan Magetan, Poltekkes Kemenkes Surabaya)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2015

Abstract

Pendahuluan: Ada permasalahan pembelajaran SDIDTK bagi mahasiswa kebidanan, yaitu ketidaksesuaian antara volume materi dengan alokasi waktu, penggunaan metode konvensional, serta nilai kompetensi psikomotorik yang rendah. Maka, diajukan solusi yaitu membuat “Laboratorium Maya SDIDTK” (“LAMAS”) yang dapat dipelajari pada setiap waktu dan tempat dengan bantuan computer. Metode: Langkah-langkah penelitian diawali dengan menyediakan perangkat, mengembangkan model, mengevaluasi kualitas, dan terakhir memberikan rekomendasi berdasarkan hasil evaluasi kualitas “LAMAS”. Hasil: 1) Telah tersedia: hardware, software, brainwar, dan buku materi pendukung, 2) berhasil dikembangkan model yaitu: pembuatan frame berupa web browser, penyusunan materi (teks, gambar vektor, foto, animasi, dan video), materi telah diintegrasikan ke dalam frame 3) hasil evaluasi kualitas “LAMAS”: melalui 3 tahap indepth interview adalah: dimensi content, accuracy, format, ease of use, timeliness, dan speed, semua dinilai baik oleh mahasiswa, 4) Direkomendasikan bahwa “LAMAS” layak dimanfaatkan sebagai: 1) materi dan media unggulan untuk pembelajaran SDIDTK bagi mahasiswa, 2) materi dan media pelatihan SDIDTK bagi tenaga kesehatan dan guru PAUD, 3) media pembelajaran SDIDTK yang layak dikembangkan melalui penelitian lanjutan. Kesimpulan: Perancangan “LAMAS” terlaksana dengan baik. Saran: Direkomendasikan sebagai media pembelajaran SDIDTK bagi mahasiswa dan tenaga kesehatan, serta layak dikembangkan melalui riset lanjutan menjadi media yang ideal dalam pembelajaran SDIDTK. Kata Kunci: laboratorium maya, SDIDTK, pertumbuhan, perkembangan, anak

Copyrights © 2015