Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 5 No 1 (2019): Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Statistika Kelas VIII MTs Islamiyah Palangka Raya

Elyasib Y Lada (Universitas Palangka Raya)
Orbit Thomas (Universitas Palangka Raya)
Simpun Simpun (Universitas Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena masih banyak siswa melakukan kesalahan dalam menjawab soal statistika. Ini terlihat dari hasil evaluasi siswa bahwa dari 24 siswa, 14 siswa tidak mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Adapun tujuan penelitian dalam penelitian ini: (1) Mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII MTs Islamiyah Palangka Raya dalam menyelesaikan soal cerita pada materi statistika, (2) Mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya kesalahan siswa kelas VIII MTs Islamiyah Palangka Raya dalam menyelesaikan soal cerita pada materi statistika. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C sebanyak 20 siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal tes sebanyak 4 soal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh adalah: kesalahan siswa dalam menjawab soal diantaranya: (1) Kesalahan dalam memahami soal (k1). (2) Kesalahan membuat model matematika (k2). (3) Kesalahan melakukan perhitungan (k3). (4) Kesalahan membuat kesimpulan (k4).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tunas

Publisher

Subject

Education

Description

Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar is a Scientific Journal managed by Department of Elementary Teacher Education Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Palangkaraya and published twice a year (in March and September) by Institute for Researches and Community ...