Usaha kecil dan Menengah / UKM merupakan tumpuan utama pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja baru terutama setelah krisis ekonomi yang terjadi beberapa tahun terakhir. Usaha kecil dan usaha rumah tangga di Indonesia memainkan peranan penting menyerap tenaga kerja. Perusahaan mebel di klaten semakin berkembang dan tumbuh pesat seiring dengan permintaan yang meningkat. Tujuan penelitian dalam jangka panjang dapat menciptakan tenaga kerja yang lebih baik/berkualitas, dengan meningkatkan ketrampilan dari proses belajar,  sehingga  melahirkan ide-ide kreatif membuat produk yang inovatif, akhirnya meningkatkan kinerja pemasaran. Hasil penelitian dapat disimpulkan : Orientasi pembelajaran generatif antara lain pembelajaran berdasar pengalaman,  cukup mampu memiliki pengalaman dari orang lain, dari karyawan, dari pelanggan, melihat pameran ; sedang mampu mengatasi resiko, antara lain cukup mampu mengatasi resiko dalam membuat produk, mencari bahan yang berkualitas, dengan meningkatkan ketrampilan, dengan mengatur keuangan yang benar ; kemudian meningkatkan ketrampilan antara lain cukup mampu : meningkatkan ketrampilan berasal dari sesama karyawan, berasal dari pelathan, dengan memberi tanggung jawab penuh pada karyawan, dengan  cara mendatangkan tenaga ahli, dengan melatih karyawan oleh karyawan yang lebih  senior, Kinerja Pemasaran terdiri dari indikator peningkatan volume penjualan disebabkan karena : permintaan mebel bertambah, pelayanan yang lebih baik, banyaknya variasi harga, sedsang pertumbuhan pelanggan meningkat karena : masyarakat semakin menyenangi mebel, mebel menarik dipandang,  mebel awet penggunaanya, kemudian jumlah pelanggan meningkat karena : mengadakan pameran, melakukan promosi, memberi discount, dan memberi hadiah
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2012