Serat Acitya
Vol 2, No 3 (2013): November - Strategi Investasi Kehidupan Bermasyarakat

PENGARUH SUPERVISI DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI UNTUK PENINGKATAN KINERJA GURU

Frans Sudirjo Frans Sudirjo (UNTAG Semarang)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2013

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh supervisi terhadap motivasi kerja,untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan terhadap motivasi kerja, untuk menganalisis pengaruh supervisi terhadap kinerja guru, untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru, untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru. Populasi  dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai di SMP N 33 Semarang yang berjumlah 107 orang sampel yang dipergunakan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dengan cara pembagian kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi dua tahap (Two Stage Least Square)(2 SLS). Hasil dari penelitian ini adalah Supervisi berpengaruh positif terhadap Kinerja guru SMP N 33 Semarang, Kepemimpinan mempunyai pengaruh positif terhadap Kinerja guru SMP N33 Semarang, Motivasi kerja berpengaruh positif terhadap Kinerja guru SMP N33 Semarang, Tinggi rendahnya kinerja guru dapat dipengaruhi oleh supervisi, kepemimpinan, motivasi kerja. Dengan supervisi, kepemimpinan serta motivasi kerja yang tinggi, diharapkan dapat meningkatkan kinerja guru.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

sa

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Jurnal ini dikembangkan dari mulai terbit tahun 2012. Jurnal Ilmiah ini mempublikasikan naskah hasil penelitian lapangan atau penelitian pustaka yang berkaitan dengan bidang ilmu manajemen dan akuntansi. Ruang lingkup publikasi antara lain: Akuntansi Manajemen Akuntansi Keperilakuan Akuntansi ...