Pemkab Subang dalam RPJMD 2018-2023 telah menggagas Program Subang Jaya, Istimewa, dan Sejahtera (JAWARA), program ini menyasar pada bidang tata ruang dan infrastruktur, ekonomi wilayah, kependudukan, sosial, lingkungan hidup, dan reformasi birokrasi. Belajar dari sosialisasi RPJMD sebelumnya, berdasarkan survey LSI tahun 2015, ternyata kurang dari 10% masyarakat Subang yang mengetahui program RPJMD. Kondisi ini menunjukkan belum berhasilnya strategi komunikasi massa dan kehumasan Pemda dalam mensosialisasikan program pembangunan. Di sisi lain muncul fenomena menarik berupa trend penggunaan media sosial oleh masyarakat, yang diindikasikan tumbuhnya PDRB sektor Informasi dan Komunikasi secara signifikan dalam lima tahun terakhir (2013-2017). Hal ini menunjukkan belanja masyarakat untuk kebutuhan komunikasi dan informasi (telefon genggam, pulsa, dan internet) meningkat signifikan. Trend pemanfaatan media sosial tersebut dapat dimanfaatkan secara positif, khususnya untuk kepentingan sosialisasi program pembangunan. Hal-hal yang akan diteliti secara mendalam, antara lain mengenai siapa saja dan pada rentang umur berapa mayoritas pengguna media sosial di perdesaan (profil pengguna), seberapa sering dan untuk tujuan apa saja masyarakat perdesaan berkomunikasi menggunakan media sosial (karakteristik pemanfaatan), dan apa saja informasi terkait program pembangunan daerah yang menjadi preferensi masyarakat untuk segera diketahui/ sering diinformasikan melalui media sosial mereka (sosialisasi-daring). Penelitian ini difokuskan pada masyarakat perdesaan Kabupaten Subang dengan mengambil informan pada tiga wilayah dengan aspek Sosial-Ekonomi, budaya, dan suku yang berbeda di Kabupaten Subang, yaitu wilayah Subang Utara (perikanan tangkap dan tambak, budaya pesisir, suku Jawa), Subang Tengah (padi sawah dan perkebunan tebu, budaya agraris, suku campuran), dan Subang Selatan (hortikultura dan perkebunan teh, budaya pegunungan, suku Sunda). Sehingga diharapkan dapat terangkum seluruh preferensi masyarakat mengenai sosialiasi pembangunan sesuai karakterisitik wilayah, ekonomi, dan sosial-budayanya. Kata Kunci : Media Sosial; Profil Pengguna; Karakteristik Pemanfaatan; Kebijakan Pemda; Sosialisasi Daring
Copyrights © 2020