Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri
Vol 8 No 1 (2018): Inovatif Vol. 8 No. 1

PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN NICHE MARKET SEBAGAI MODERASI PADA INDUSTRI JASA PENDIDIKAN

Pranakusuma Sudhana (Magister Teknik Industri, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya)
Lukmandono Lukmandono (Magister Teknik Industri, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya)
Rony Prabowo (Magister Teknik Industri, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2018

Abstract

Pendidikan merupakan suatu industri jasa yang cukup penting, namun tidak banyak diteliti. Sebagai penyedia jasa, perguruan tinggi perlu melakukan berbagai usaha untuk dapat bersaing, salah satunya adalah marketing mix. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis bahwa variabel-variabel 7P marketing mix secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying yang telah banyak mendukung penjualan barang dengan dimoderasi oleh keunikan suatu program studi yang diistilahkan dengan niche market. Hasil analisis data menggunakan metode SEM terhadap responden siswa-siswi SMA yang telah menghadiri pameran pendidikan menyimpulkan bahwa hipotesis tersebut ditolak. Karena keputusan untuk memilih suatu program studi bukan merupakan proses yang mudah untuk dipahami dan tidak dapat terjadi secara tiba-tiba (impulsif), perguruan tinggi disarankan untuk melakukan usaha-usaha lain yang bersifat konstan dalam upaya menarik minat dan meyakinkan calon mahasiswa (prospek).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

industri

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Terbit dua kali dalam setahun pada bulan Maret dan September. Berisi gagasan, konseptual, kajian teori, aplikasi teori dan kajian buku Teknik Industri. Makalah yang masuk ditelaah oleh mitra bestari yang kompeten di bidang teknik dan manajemen ...